Teks Diskusi (Pengertian, Struktur, Jenis, dan 2 Contoh Teks Diskusi)

Teks Diskusi (Pengertian, Struktur, Jenis, dan 2 Contoh Teks Diskusi)
Oke, hari ini saya bakal share postingan mengenai arti teks diskusi untuk sobat dimanapun berada. Nah pastinya pasti sobat sudah tidak banyak mengenalkan mengenai teks ini, mungkin sobat sempat menemui contoh teks diskusi ini dengan cara langsung dalam kehidupan sehari-hari.

Ya terbukti diskusi ialah sebuah kegiatan yang terbukti hampir diperbuat oleh seluruh orang yang ada didunia ini. Mereka berdiskusi untuk mengulas sebuah hal yang pastinya mereka anggap penting. Dalam kegiatan tersebut, 2 orang atau lebih memberikan pendapatnya masing-masing untuk bisa diketahui oleh pihak lain & lalu pihak lain memberikan tasumsi atau respon terhadap apa yang diutarakan. Begitu sebaliknya.

Nah sebagai seorang siswa, pasti tidak bakal terlepas dengan yang namanya berdiskusi mengulas sebuah hal bersama untuk dipecahkan. Apalagi kurikulum kini ini lebih memprioritaskan pada pembahasan bersama antar siswa, baru lalu diambil kesimpulan dari hasil diskusi tersebut.

Nah melihat hal tersebut, pasti sobat sudah mendapat tidak banyak fotoan kan mengenai apa sih arti teks ini? untuk lebih jelasnya, sobat bisa membaca postingan ini hingga berakhir.
Contoh Teks Diskusi Mengenai Pendidikan

Pengertian Teks Diskusi

Teks diskusi ialah teks yang memaparkan 2 hal yang tidak sama atau pro & kontra antara 2 belah pihak yang mana lalu keduanya saling menuturkan hal tersebut untuk bisa memperoleh info tertentu.

Manfaat diskusi ini sangat besar sekali. Melewati diskusi antar 2 orang atau lebih, maka anda bakal terus membutuhas wawasan kita, pasalnya bakal ada banyak informasi-informasi baru yang bakal anda bisakan dari beberapa pemikiran-pemikiran orang lain. Tidak hanya itu, anda juga bisa menyalurkan pendapat anda didalam meperbuat sebuah diskusi.

Diskusi juga berguna untuk memperoleh sebuah keputusan yang lebih mantap bakal sebuah hal. Sebab biasanya bakal ada banyak pendapat-pendapat beserta bukti-bukti untuk memperkuatnya jadi bakal lebih kaya informasi.

Selain arti diatas, teks ini juga mempunyai struktur layaknya tipe teks lainnya. Ya nantinya saya juga bakal membahas mengenai contoh teks diskusi beserta struktunya dibawah nanti. So jangan lupa untuk terus mengikuti postingan ini ya.

Struktur Teks Diskusi

Terdapat 4 struktur yang membangun sebuah teks diskusi menjadi sebuah teks yang lengkap. Untuk lebih jelasnya dari ke-4 stuktur tersebut, silahkan sobat membaca postingan ini hingga berakhir ya.

Struktur Lengkap :
  1. Isu, ialah bagian yang isinya mengenai perpersoalanan yang sedang didiskusikan lebih lanjut.
  2. Argumen mendukung, ialah bagian yang isinya berupa pendapat (argumen) bakal sebuah pokok perpersoalanan yang tengah didiskusikan.
  3. Argumen menentang, ialah bagian yang isinya berupa pendapat atau argumen yang bermengenaian dengan argumen yang mendukung.
  4. Kesimpulan, ialah bagian terbaru yang dicapai dalam teks diskusi. Usahakan untuk memilih jalan tengah dari sebuah perpersoalanan yang sobat diskusikan.

Nah selanjutnya sobat bisa juga mengenal beberapa tipe atau macam diskusi. Saya bakal memberikan penjelasan dari masing-masing point yang bakal saya utarakan berikut ini…

Jenis-Jenis Teks Diskusi

  1. Seminar, ialah sebuah pertemuan khusus yang mempunyai teknis & akademis yang tujuannya untuk meperbuat studi menyeluruh mengenai sebuah topik tertentu dengan pembagian sebuah perpersoalanan yang memerlukan interaksi di antara para peserta seminar yang dibantu oleh seorang guru besar atau cendikiawan.
  2. Sarasehan, ialah bentuk pertemuan yang dihadiri oleh sekelompok undangan tertentu untuk menuturkan sebuah perpersoalanan dengan cara yang tidak resmi & suasana yang rileks.
  3. Simposium, ialah serangkaian pidato singkat di depan pengunjung dengan seorang pemimpin (moderator).
  4. Diskusi Panel, adaalah salah satu bentuk diskusi yang sudah direncanakan mengenai sebuah topik di depan para pengunjung. Diskusi panel oleh 3 – 6 orang yang dianggap pakar yang dipimpin oleh seorang moderator.
  5. Kongres, ialah kumpulan orang, khususnya untuk tujuan politik.
  6. Muktamar, ialah pertemuan para wakil organisasi untuk berunding atau bertukar pendapat mengenai sebuah persoalan yg di hadapi bersama
  7. Loka Karya, ialah sebuah agenda di mana beberapa orang berkumpul untuk memecahkan persoalan tertentu & mencari solusinya.

Nah tersebut dirinya beberapa jenisnya. Terbukti apabila ditelisik lebih dalam lagi jenis-jenis teks diskusi ini lumayan banyak juga. Untuk lebih lengkapnya mengenai tipe & metode diskusi, silahkan sobat klik disini.

Contoh Teks Diskusi Beserta Strukturnya

Oke anda berada pada pengujung postingan nih. Nah dibagian akhir ini saya bakal membagikan untuk sobat seluruh mengenai contoh teks diskusi & strukturnya untuk sobat semua. Nah pastinya saya bakal membagikan beberapa contoh yang mungkin belum sempat sobat temui sebelumnya, jadi nantinya wawasan sobat bakal menjadi lebih luas lagi.
Oke ini dirinya beberapa contoh dari teks diskusi yang mana salah satunya menampilkan contoh teks diskusi mengenai pendidikan. Check this out….

Akibat Bermain Permainan bagi Remaja

Isu
Pada zaman kini ini, kekuatan teknologi tidak bisa dibendung. Banyak sekali hal-hal baru yang bisa anda jumpai pada zaman yang maju ini, salah satunya ialah permainan atau permainan virtual. Pertanyaannya ialah adakah akibat kurang baik yang muncul akibat dari permainan permainan ini? Sebagian besar masyarakat berpendapat bermain permainan ialah hal yang wajar, tetapi tidak tidak banyak yang menganggapnya berakibat kurang baik.

Argumen Mendukung
Akibat positif dari permainan bagi remaja ialah sebagai berikut :
Pertama, permainan atau permainan virtual ini bisa dijadikan sebagai sarana untuk menghibur diri & mengistirahatkan pikiran dari selaluitas-selaluitas yang diperbuat oleh para remaja setiap harinya.
Kedua, permainan juga bisa dijadikan sebagai sebuah metode pembelajaran yang manjur, guna mempercepat pemahaman para remaja dalam menyerap sebuah ilmu atau info baru.
Ketiga, permainan bisa menjadi sebuah sumber penghasilan. Pasalnya kini ini banyak remaja-remaja anda yang kreatif dalam membuat sebuah konten permainan yang mana diminati oleh para pemainnya. Pasti hal ini lumayan menguntungkan bagi mereka.

Argumen Menentang
mesikipun mempunyai akibat positif, tetapi tidak tidak banyak juga akibat negatif yang muncul akibat permainan yang dimainkan oleh para remaja.
Pertama, remaja menjadi malas untuk belajar & lebih bahagia menghabiskan waktunya untuk bermain permainan setiap ketika.
Kedua, remaja bakal mudah terpancing bakal konten-konten yang ditampilkan dalam sebuah game. Umpama apabila remaja tersebut sering memainkan permainan berbau fighting atau pertempuran, maka ia menjadi terobsesi untuk meperbuat hal tersebut didunia nyata yang mana seharuslahnya tidak diperbuat.
Ketiga, bakal membuat remaja menjadi boros uang. Tidak hanya waktu saja, melainkan juga uang, pasalnya untuk beberapa permainan menyediakan fitur pembelian untuk sebuah konten. Apabila remaja tersebut ialah seorang maniak game, maka pastinya harga berapapun bakal dibayar untuk bisa menikmati permainan tersebut.

Simpulan
Melihat & membandingkan 2 hal diatas, permainan atau permainan mempunyai akibat positif & akibat negatif yang mana keduanya saling berhubungan. Kebijaksanaan remaja sendirilah yang bisa membuatnya memilih akibat yang bagus dari permainan untuk dirinya.
Ponsel & Anak-Anak

Handphone untuk Anak-Anak

Isu
Ponsel atau orang kini lebih sering menyebutnya dengan istilah device ialah sebuah perangkat yang bisa mempermudah manusia dalam urusan komunikasi. Tidak hanya komunikasi saja, device bisa dipakai untuk menunjang beberapa kebutuhan manusia lainnya. Hampir seluruh orang mempunyai HP, tergolong ana kecil sekalipun. Tetapi, ada beberapa pro & kontra dalam hal pemberian HP untuk anak-anak.

Argumen Mendukung
Pihak yang pro atau mendukung pemberian HP untuk anak-anak berpendapat bahwa dengan adanya alat komunikasi ini, orang tua menjadi lebih mudah dalam mengamati & mengawasi kondisi anak kapanpun & dimanaun. Hal ini pastinya membuat hubungan kedekatan antara orang tua & anak menjadi lebih bagus. Tidak hanya tersebut dengan adanya HP membuat anak menjadi lebih mudah untuk mengakses informasi-informasi yang mereka butuhkan dalam menunjang proses pembelajaran.

Argumen Menentang
Tetapi untuk pihak yang tidak setuju dengan hal ini berasumsi bahwa anak-anak belum ketikanya untuk diberikan teknologi seluas-luasnya. Hal ini sebab ada informasi-informasi atau konten berbahaya yang tidak boleh diakses oleh anak-anak. Tidak hanya itu, dengan diberikannya hp terhadap anak-anak membuat anak tersebut menjadi pribadi yang pasif & sulit berteman dengan lingkungan kurang lebih sebab lebih asyik dengan hpnya.

Kesimpulan
Berdasarkan 2 hal diatas, kesimpulan yang bisa anda ambil ialah bahwa pemberian hp untuk anak-anak tersebut sebetulnya tidak wajib. Tetapi apabila terbukti diperlukan, orang tua bisa memberikannya tetapi dengan catatan haruslah dalam penglihatan ketat orang tuanya. Orang tua haruslah tahu apa saja yang diakses oleh sang anak & mengingatkannya bakal hal yang bagus & kurang baik dari pemakaian hp supaya tidak terjerumus ke hal-hal yang negatif.

0 Response to "Teks Diskusi (Pengertian, Struktur, Jenis, dan 2 Contoh Teks Diskusi)"

Post a Comment

Berikan Saran dan Komentar Anda Jika menurut Anda Berguna :)