Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ciri Orang Berumur Panjang


Ciri Orang Berumur Panjang

Ciri Orang Umur Panjang

https://mitosbro.blogspot.com/ - Badan Kesehatan Dunia (WHO) sempat mengungkapkan bahwa penduduk Okinawa ialah salah satu kelompok masyarakat yang mempunyai tingkat kesehatan yang sangat bagus. Di kota itu, Kita bakal mudah menemukan orang-orang yang berumur sangat lanjut namun tetap sehat. Nah apa saja ciri umur panjang?

Sebagai fotoan, pada usia 75 tahun, mereka tetap sanggup berlangsungkaki jarak jauh bahkan tetap ada yang sanggup berlayar mencari ikan. Apa sih rahasia panjang umur & sehat mereka? Sesudah ditelusuri, rahasianya ada pola hidup sehari-hari.nyatanya, kecenderungan panjang umur bisa dilihat dari ciri-ciri fisik & kebiasaan saat muda, contohnya:

Berperut Rata. National Institute on Aging, wanita berperut besar, berisiko meninggal dunia lebih cepat dibandingkan dengan yang berperut rata. Ini sebab lemak yang tertumpuk di bagian tengah bisa mengganggu kerja jantung, liver, lambung, & organ-organ pentin lainnya.
Untuk wanita, dianjurkan supaya lingkar pinggangnya tidak lebih dari 80 cm. Apabila nyatanya lebih dari angka itu, selalulah berolahraga umpama ikut program latihan beban sebanyak 2-3 kali seminggu, masing-masing selama 20 menit. Latihan beban berguna untuk membentuk otot & mempercepat metabolisme jadi lemak lebih mudah terbakar.

Komposisi tubuhnya ideal. Tak banyak orang menyangka bahwa berat badan di masa remaja, nyatanya bisa memengaruhi kesehatan di usia dewasa. Suatu penelitian yang dimuat dalam Journal of Pediatrics menyatakan, remaja yang mengalami obesitas, berisiko tinggi mengidap diabetes tipe-2 saat usianya sudah dewasa. Bukan itu saja. Penderita diabetes tipe-2, juga berisiko terkena serangan jantung 2-4 kali lebih tinggi daripada yang bukan penderita diabetes.

Suka makan sayur & buah segar. Menurut American Dietetic Association, konsumsi serat yang dianjurkan setiap hari ialah 25-35 gram ataupun setara dengan lima porsi perhari. Pilihlah serat yang mengandung antioksidan contohnya buah beri & sayuran hijau. Penelitian dari Institut Pertanian Bogor menyatakan, ada 11 sayuran khas Indonesia yang sudah memang mengandung antioksidan yang sangat kuat. Di antaranya ialah daun kemangi, kunir, mangkokan, beluntas, & kenikir.

Lebih memilih teh & air putih. Lagi-lagi bahaya minuman bersoda! Penelitian di Boston, Amerika Serikat, membuktikan bahwa minum satu kaleng ataupun lebih minuman bersoda bisa menyebabkan gangguan metabolisme. Orang dengan gangguan metabolisme, ujung-ujungnya bakal menderita tekanan darah tinggi, kadar insulin naik, lemak bertumpuk di perut & pinggul, serta risiko stres, gangguan jantung & diabetes meningkat. Menghindari minuman bersoda sembari menghentikan kebiasaan merokok, bakal memperpanjang andalan hidup kita hingga 9,5 tahun.

Alternatif sehat: Minum teh tanpa gula, minimal dua cangkir sehari. Tidak hanya bisa dipakai sebagai pengusir kantuk, teh juga bisa dijadikan pilihan bagi mereka yang menyukai minuman berperasa. Opsi lain: Coba air putih dengan perasan lemon.

Tak Suka Junk food. Mengonsumsi daging merah asal cocok porsinya, menurut American Cancer Institute, tidak bakal membahayakan kesehatan. Yang berbahaya ialah saat kita mengonsumsi lebih dari 500 gr daging merah dalam seminggu. Apalagi kalau daging yang kita makan berupa processed meat (umpama daging asap ataupun sosis) contohnya yang biasa dipakai untuk membuat burger.

Para pakar tetap belum paham benar mengapa processed meat bisa membahayakan kesehatan. Diduga, processed meat mengandung karsinogen (bahan penyebab kanker) & sudah ditambah dengan pengtahan lama nitrat yang dalam kadar tertentu bisa meracuni organ badan & memicu risiko kanker.

 “Boleh saja kita menikmati burger sesekali namun jangan dijadikan kebiasaan,” anjur Karen Collins, RD., pakar nutrisi dari American Institute of Cancer Research. Kalau ingin makan daging, lebih bagus pilih yang segar. Jaga supaya porsinya tidak terlalu banyak. Plus, jangan dimasak dengan suhu lebih dari 2.000 Celcius supaya kadar advanced glycation end products yang jadi pemicu kanker berkekurangan.

Olahraga 20 Menit Sehari. Fisik yang kuat tercipta dari latihan yang terarah & berkesinambungan. Hasil penelitian University of California menyatakan bahwa wanita yang berprofesi sebagai pelari ataupun berolahraga lari selama lima jam dalam seminggu, fisiknya lebih sehat apabila dibandingkan dengan wanita yang bukan pelari.

“Para pelari bukan saja mempunyai risiko gangguan jantung lebih rendah.Risiko mereka kepada kanker, penyakit saraf, & infeksi juga lebih kecil. Kesimpulannya, lari ialah olahraga yang bagus untuk wanita dewasa,” saran Eliza Chakravarty, MD, asisten profesor medis di Stanford University School of Medicine. Sebagai pengganti lari, Kita juga bisa meperbuat tipe olahraga kardio lain contohnya aerobik ataupun jalan cepat. Walau hanya 20 menit sehari, kardio sanggup menambah daya tahan tubuh.

Rajin memselesaikan rumah. Hasil penelitian di Jepang kepada 302 relawan usia senior berumur 70-80 tahun menyimpulkan bahwa kegiatan bersih-bersih rumah selama satu jam sanggup membakar 285 kalori. Jadi kesimpulannya, dengan rajin membersihkan rumah, risiko kematian bakal turun hingga 30 persen.

Kegemaran Berkebun. Percaya ataupun tidak, riset membuktikan bahwa orang yang suka berkebun mempunyai pandangan hidup yang lebih positif dibanding yang lainnya. Walhasil, hidup mereka pun jadi lebih tersanjung. Menurut American Psychologist, kita bisa menemukan makna kehidupan dari aktivitas berkebun. “Saat memantau pertumbuhan bunga, kita jadi paham bahwa bunga mekar sebab ada lahan, pupuk, usaha, & kesabaran. Begitu juga hidup kita,” kata Corey Keyes, Ph.D., profesor sosiologi di Emory University. Pemahaman ini, kata Corey lagi, bisa menjadi motivasi bagi kita untuk semakin bekerja & memupuk hidup sehari-hari. Pupuk itu ialah keluarga, kawan, & kerja keras pantang menyerah.

Post a Comment for "Ciri Orang Berumur Panjang"