Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Asal-Usul Menara Setan + Foto

https://mitosbro.blogspot.com/ - Pada akhir zaman dinosaurus, tekanan dari dalam bumi dipaksa naik ke atas yang menciptakan Black Hills, Pegunungan Rocky, & Menara Setan. Sementara legenda suku Indian kuno menceritakan mengenai tujuh gadis yang memohon & dibawa menjadi bintang Plediades.
Asal-Usul Menara Setan + Foto

Cerita-cerita yang dipaparkan banyak penulis mengenai Menara Setan, banyak mengfotokan mitologi kuno & mistis. Contohnya ‘Devil’s Tower‘ karya Mark sumner yang lebih banyak menceritakan kisah mistis, sementara menurut ilmuwan, menara setan terbentuk jutaan tahun lalu saat wilayah tersebut berada dibawah laut.


Legenda Menara Setan Menyimpan Harta Karun

Wilayah timur laut Wyoming terdapat gunung bebatuan beku yang terlihat contohnya ‘tunggul pohon raksasa’, dengan ketinggian lebih dari seribu meter. Dengan cara vertikal batu ini mempunyai goresan raksasa, penduduk berkulit putih menyebutnya Menara Setan (Devils Tower). Sementara suku Indian menyebutnya dengan beberapa nama, diantaranya ‘Bear Lodge‘.
Mungkin legenda menara setan yang paling banyak dikenal penduduk orisinil Amerika. Contohnya legenda yang diceritakan oleh Kiowa, ada tujuh gadis bermain di dekat desa mereka saat mereka dikejar oleh beberapa beruang. Gadis-gadis tersebut melompat di atas batu rendah & memohon; “Batu, kasihanilah kami, batu selamatkan kami!” Batu tersebut mendengar mereka, hidup contohnya tanaman yang tumbuh drastis. Beruang-beruang yang mengejar mereka melompat di batu & menggaruk (mencakar-cakar) bebatuan, namun tidak dapat mendaki. Menara setan mengangkat tujuh gadis ke tempat paling atas jadi mereka menjadi bintang, konstelasi yang disebut Plediades.

Dahulu, penduduk dari bagian timur laut Wyoming mengunjungi Yankton, Dakota Selatan. Disana dirinya menunjukkan foto menara setan terhadap beberapa suku Indian Sioux yang ditemuinya, salah satunya sangat bersemangat saat melihat foto tersebut & bertanya: “Apakah ada jalan menuju dasar menara setan?“. Penduduk tersebut menjawab tidak, & pria tersebut terlihat sedih. Dengan tidak banyak desakan, dirinya memberi tau legenda menara setan.

Sebelum tiga pemberani berburu dekat menara setan, mereka menjelajahi bebatuan di dasar gunung & menemukan suatu lorong di bawahnya. Mereka membuat obor dari pinus & mulai menjelajahi terowongan. Mereka menemukan bagian berserakan dengan tulang manusia. Terowongan tersebut menuju suatu gua yang mempunyai danau bawah tanah berkapasitas kurang lebih 25 meter, & disana terdapat emas, harta karun dengan jumlah yang sangat besar.

Para pemburu tidak siap untuk mengambil emas itu, mereka meninggalkan terowongan & menyembunyikan pintu masuk harta karun jadi orang lain tidak bakal menemukannya. Mereka berniat kembali untuk memperoleh emas di lain waktu, namun tidak sempat meperbuatnya. Salah satu pemburu, sebelum kematiannya menceritakan kisah tersebut terhadap anak buah lain dari sukunya & kisah tersebut telah diwariskan selama beberapa generasi suku Indian kuno.

Di segi lain, Black Hills merupakan wilayah di mana menara setan berdiri. Disini terdapat beberapa gua paling besar di bawahnya, tergolong Wind Cave & Jewel Cave. Daerah Black Hills juga dikenal sebagai pertambangan emas, jadi, ada beberapa kebenaran cerita legenda menara setan. Mungkin gua yang hilang tidak di bawah menara setan, tetapi di dekatnya.

Fenomena Alam Terbentuknya Menara Setan
Ketinggian menara setan kurang lebih 1.267 meter dekat dengan Sungai Fourche Belle. Selama zaman dinosaurus, daerah ini sempat berada di bawah laut dangkal. Selama jutaan tahun, sedimen diendapkan di dasar laut & akhirnya berubah menjadi batuan sedimen contohnya batu pasir, serpih & batulanau (siltstone). Pada akhir zaman dinosaurus (65 juta tahun lalu) tekanan dari dalam bumi dipaksa naik ke atas permukaan. Tekanan tersebut menciptakan Black Hills di dekatnya & Pegunungan Rocky, juga memaksa batuan cair naik ke permukaan di lokasi menara setan.
Baca Juga:  Kumpulan Pengertian Mimpi Terlengkap
Batu vulkanik plug terbentuk saat gunung berapi punah & batuan cair di dalam tabung yang mengangkat magma dari dalam bumi ke kawah gunung mendingin sampai membentuk batuan beku. Batu dalam tabung biasanya jauh lebih keras daridibagian gunung lainnya. Angin, & hujan lalu mengikis gunung sampai batu vulkanik plug terbuka. Sebagian besar bukti menunjukkan bahwa menara setan bukanlah sisa-sisa gunung berapi yang punah. Tidak ada jejak fenomena geologi di daerah kurang lebihnya yang terkait dengan gunung berapi, contohnya abu ataupun ajaran lava.

Teori yang lebih mungkin menyebutkan bahwa menara setan terbentuk dampak laccolith. Laccolith merupakan intrusi magma panas dari dalam bumi yang tidak sempat mencapai permukaan. Hal ini mendorong terbentuknya tonjolan batuan sedimen di atasnya, tetapi tidak ada kaldera ataupun kawah yang terbentuk. Batuan cair dingin & batuan sedimen lembut di tonjolan lalu terkikis, & batuan keras beku terbuka. Apabila hal ini terjadi, menara setan mungkin terbentuk antara satu sampai dua juta tahun lalu.

Menara setan terdiri dari Phonolite Porphyry, suatu batuan beku kelabu ataupun kehijauan dengan kristal Feldspar yang tertanam di dalamnya. Contohnya tanah di kurang lebih menara yang semakin terkikis, tidak kebal terhadap erosi tersebut sendiri. Batu-batu yang berserakan di kurang lebih dasar menara setan merupakan sisa-sisa dari formasi yang jatuh & terkikis dari waktu ke waktu. Itulah sejarah menara setan yang masih menjadi misteri.

Post a Comment for "Asal-Usul Menara Setan + Foto"