Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Gambar Mural Lengkap + Foto

Pengertian Gambar Mural Lengkap

https://mitosbro.blogspot.com/ Mural berasal dari kata murus, kata dari Bahasa Latin yang mempunyai arti dinding. Dalam arti kontemporer, mural ialah lukisan berkapasitas besar yang dibangun pada dinding (interior atau eksterior), langit-langit, atau bidang datar lainnya.

Akar muasal mural dimulai jauh sebelum kebudayaaan modern, bahkan diduga sejak 30.000 tahun sebelum Masehi. Sejumlah foto prasejarah pada dinding gua di Altamira, Spanyol, & Lascaux, Prancis, yang melukiskan aksi-aksi berburu, meramu, & aktivitas relijius, kerapkali disebut sebagai bentuk mural generasi pertama.

Contoh Gambar Mural mulai berkembang menjadi mural modern di tahun 1920-an di Meksiko dengan pelopornya antara lain Diego Rivera, Jose Clemente Orozco, & David Alfaro. Tahun 1970-1990 Mural mulai menunjukan eksistensinya ialah Jean-Michel Basquiat , graffitinya di sudut-sudut kota & stasiun di New York, dengan tulisan S.A.M.O. sebagai bukti diri.



Hal ini lalu menginspirasi banyak seniman lain untuk berkarya di ruang publik. Salah satu seniman yang terpengaruh ialah Keith Haring yang lalu banyak mengerjakan & dianggap sebagai seniman mural selama kariernya (Sentoso, 2003).

Mural di Indonesia sudah ada sejak zaman perang kemerdekan. Pada ketika itu, para pejuang mengekspresikan keinginannya melewati graffiti. Mesikipun dengan skill & peralatan yang tetap sederhana, konsep tulisan di dinding menjadi paling aman untuk mengekspresikan pendapat dengan cara diam-diam pada ketika itu (Gusman, 2005).

Beberapa tahun lalu stadion Gajayana Malang dipenuhi oleh karya seni mural. Tetapi saat ini telah lenyap oleh renovasi. Padahal ruang-ruang alternative contohnya ini lumayan penting sebagai wadah ekspresi anak-anak muda.

Konsekuensinya, terus banyak timbul mural-mural di beberapa ruang publik di Malang. Sebagian orang mungkin berpendapat negatif, tetapi tidak dapat anda pungkiri ketika ini anda berada di tengah adat yang rumit & melahirkan warna-warna baru sebagai ekspresi seni.

Post a Comment for "Pengertian Gambar Mural Lengkap + Foto"