Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penampakan Kupu-Kupu Luar Angkasa

Penampakan Kupu-Kupu Luar Angkasa

https://mitosbro.blogspot.com/ Teleskop luar antariksa Hubble milik NASA & ESA sukses memperoleh foto kupu-kupu luar angkasa. Kupu-kupu ini ialah jet nebula kembar yang telah diberi nama PN M2-9.

Kupu-Kupu Luar Angkasa

Inisial M pada nama tersebut mengacu pada Rudolph Minkowski, seorang astronom Jerman-Amerika yang menemukan nebula pada tahun 1947. Sedangkan PN mengacu pada fakta bahwa M2-9 ialah nebula planet.



Nebula ialah awan antarbintang yang terdiri dari debu, gas, & plasma. Awalnya nebula ialah nama umum yang diberikan untuk seluruh obyek astronomi yang membentang, tergolong galaksi di luar Bima Sakti (berbagai contoh dari pemakaian lama tetap bersi kukuh; sebagai contoh, Galaksi Andromeda kadang-kadang merujuk pada Nebula Andromeda).


nebula ini menyerupai kupu-kupu di luar angkasa

Dilansir dari laman spacetelescope.org (26/08) cangkang gas yang bercahaya & meluas yang tampak jelas pada foto tersebut merepresentasikan tahapan akhir kehidupan bintang tua dengan massa rendah sampai menengah. Bintang tersebut tak hanya melepaskan lapisan terluarnya, namun juga mengekspos sisa-sisa inti bintang yang menerangi lapisan-lapisannya. Tetapi, jet nebula kembar ini bukanlah nebula planet biasa, melainkan suatu nebula bipolar.

Laman nationalgeographic.co.id membahas, karakteristik bentung sayap pada jet nebula kembar lebih dikarenakan pergerakan satu sama lain dari dua bintang utama. Diyakini bahwa bintang katai putih tersebut mengorbit pada bintang pasangannya & lapisan gas yang terlontar dari bintang yang sekarat justru membentuk contohnya sepasang sayap kupu-kupu alih-alih membentuk contohnya bola. Tetapi tetap ada perdebatan di kalangan astronom apakah seluruh nebula bipolar terbentuk dari dua bintang biner.

Nebula sayap kupu-kupu ini tetap semakin tumbuh. Apabila diukur dari ekspansi mereka, astronom memperhitungkan bahwa nebula tersebut terbentuk hanya 1.200 tahun lalu.

Post a Comment for "Penampakan Kupu-Kupu Luar Angkasa"