Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Misteri Angka 7 Dalam Islam

Misteri Angka 7 Dalam Islam

https://mitosbro.blogspot.com/ Kembali ke angka 7, menurut cerita angka 7 telah mempesona sejak jaman dahulu kala. Di China angka 7 dihubungkan dengan kehidupan gadis, dimana gadis mempunyai gigi susu pada usia 7 bulan & tanggal pada usia 7 tahun, dalam 2 x 7 tahun “roda yin” membuka saat ia mencapai masa puber, & pada 7 x 7 = 49 datanglah masa monopause. Berikut Misteri angka 7 Dibalik Angka 7, yaitu :

Di Amerika Kuno
Kesakralan angka 7 tidak ditemui di Amerika pra-Columbian dimana bangsa Maya percaya bahwa pada 7 lapis langit & berpendapat 7 sebagai angka penjuru mata angin.

Di Agama Yahudi
Dalam agama Yahudi (agama sebelum nabi Ibrahim. AS, ataupun agama pada jaman sebelum Masehi) hari ke 7 menjadi hari libur suci, sehinga di sakralkan, pada hari ke 7 itu larangan bekerja di ubah menjadi perintah. Dalam kitab perjanjian lama penuh angka 7. Pada generasi ke 7 sesudah Adam hiduplah Lamech (silsilah dari Adam ) selama 777 tahun & haruslah bayar balas dendam selama 777 tahun (Kejadian : 4.24). Tujuh tahun langkah menuju kuil sulaiman berhubungan dengan 7 cerita mengenai kuil kuil Babilonia. Lalu Merpati Nuh menghilang selama 7 hari, & tanda tanda datangnya timbul selama 7 hari, sungai Eufrat terbagi menjadi 7 aliran.

Di Agama Kristiani
Pada abad ke -14, sejarawan Mesir al-Maqrizi berbicara bahwa orang orang kristen di Mesir (Koptik) memperingati 7 pesta besar & 7 pesta kecil di gereja mereka. Dimana pesta yang dilangsungkan ialah 7 untuk pesta kebahagiaan & 7 untuk pesta kekecewaanMaria yang selaras dengan irama heptadik. Oleh sebab itu dalam musik renaisans terdapat sejumlah lagu dengan 7 suara, yang biasanya dipersembahkan terhadap Perawan Maria ataupun berkaitan dengan 7 pahala Roh Kudus.

Di India
Angka 7 juga banyak di jumpai di India, menurut cerita, angka 7 ialah angka penting paling penting di Weda tidak hanya angka 3. Angka 7 dengan cara khusus berkaitan dengan Agni, dewa Api yang mempunyai 7 istri, bunda ataupun adik serta 7 api, balok ataupun lidah, & lagu lagu yang diperuntukkan baginya berjumlah 7. Dalam kepercayaan merea dewa matahari mempunyai 7 kuda penarik keretanya di langit.

Di Agama Budha
Dalam Budha (sidharta Gautama) yang baru lahir diyakini oleh pengikutnya, saat lahir langsung menapak 7 langkah. Ia mencari keselamatan selama 7 tahun & mengitari pohon bodhi selama 7 kali sebelum duduk bermeditasi dibawahnya. Tetap menurut cerita, bahwa Syurga Budha mempunyai 7 teras, 7 karya keagamaan bakal mengangkat fungsi bagi orang orang yang mempercayai kehidupan ini.

Di Ilmu Pengetahuan
Dalam Ilmu pengetahuan, angka 7 ialah dasar dari akumulasi angka yang tak terhitung jumlahnya, mulai dari 7 atom, 7 ppostingan terkecil & sesemakinnya.

Di Agama Islam
Dalam islam, yang hebat & untuk dicatat ialah, bahwa surah pertama dalam Al-Qur’an, Al-Fatihah mempunyai 7 ayat. Kalimah Syahadat dalam Laa Ilaaha ilaa Allaah, Muhammad rasul Allah terdiri dari 7 kata. Menurut Al-Qur’an Tuhan menciptakan langit & bumi menjadi 7 lapis. Lalu Thawaf mengelilingi Ka’bah di Mekkah diperbuat sebanyak 7 kali, demikian juga dengan lari lari kecil (Sa’i) antara Shafa & Marwah. Pada akhir haji, dekat Mina, syetan di lepar dalam 3 kali masing masing dengan 7 buah kerikil kecil yang lazim disebut (melempar jumroh). Angka 7 juga disukai oleh kaum Sufi. Tasawuf memperbincangkan 7 Lathaaif, ataupun titik titik subtil pada badan tempat kaum Sufi memusatkan kekuatan spiritualnya.

Di Masarakat Jawa
Dalam tradisi Jawa, ada peristiwat tertentu yang berhubungan dengan angka 7. Sebagai contoh saat orang hamil sudah usia 7 bulan, maka diadakan selamatan dengan istilah yang disebut “Tingkepan”. Lalu pada bayi yang telah berumur 7 bulan, maka ada prosesi yang dinamakan turun tanah. Persyaratan Upacara budaya tertentu haruslah memakai kembang 7 rupa, mandi 7 sumur, Pesta kadang - kadang diadakan 7 hari 7 malam.. Juga mengenai mitos kekayaan yang smapai 7 turunan ... (keturunan ke 8 sehingga gembel...)

Benua Ada 7
Allah menurunkan malaikat untuk membunuh pasukan gajah 70000 malaikat. Allah menghias manusia dengan tujuh anak buah badan, yaitu dua tangan, dua kaki, dua lutut, & satu wajah. Lalu Allah menghiasinya, dengan tujuh peribadatan, yaitu : dua tangan dengan doa, dua kaki dengan berkhidmat, dua lutut dengan duduk, & wajah (muka) dengan sujud. Berbagai keajaiban angka 7 ada diantaranya terdapat pada ciptaan Allah yang lain, yaitu :
7 Lapis Langit
Rakaat Shalat 17
Pintu SurgaNeraka 7
Keajaiban Dunia Ada 7
27 Pahala Shalat Berjamaah
7 Celah Dalam Badan Kita
1 Minggu 7 Hari
Allah menghiasi Al-Qur’an (Kitab suci umat Islam) dengan Tujuh surat panjang, Yaitu Al-Baqarah, Ali Imran, Al-Maaidah, An-Nissa', Al 'Araaf, Al An'aam & Al-Anfaal ataupun At-Taubah. Lalu Allah menghiasinya pula dengan Tujuh ayat Ummul kitab (Al-Fatihah/Pembuka kitab). Sebagaimana Firman Allah dalam Surat AL Hijr ayat 87, "Dan Sesungguhnya Kami telah berikan kepadamu tujuh ayat yang dibaca berulang-ulang & Al Quran yang agung."Allah menghias umur manusia dengan tujuh tingkatan/tahapan. Pada masa baru lahir dinamakan tahapan rodhi’ (Menyusu), lalu tahap fa thim (disapih), tahapan Skegemaranyyi (bayi), tahapan ghulam (masa kanak-kanak), lalu tahapan syaab (pemuda/remaja), lalu tahapan kuhul (yakni menginjak usia antara 30-50 tahun), & menginjak tahapan Syaikh (masa tua). Demikianlah Tuhan Yang Maha Kuasa & Yang Maha Berkehendak telah menciptakan alam semsta dengan penuh misteri, contohnya misteri nya angka 7. Allahu’Alam.

Post a Comment for "Misteri Angka 7 Dalam Islam"