Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Inilah Spesies Katak Beracun Paling Mematikan

Inilah Spesies Katak Beracun Paling Mematikan

https://mitosbro.blogspot.com/ Katak berkapasitas jumbo yang ditemukan di Enrekang, Sulawesi Selatan, telah lenyap disantap warga setempat. “Yang dimakan orang sini secara digoreng. Kemarin mereka makan dengan nasi. Namun saya tidak ikut makan,” tutur Salam, salah satu warga desa yang ikut menemukan jenis jenis katak beracun tersebut.

Fakta Kodok Beracun

Kepala Laboratorium Herpitologi Puslit Biologi LIPI Amir Hamidy tak memperpersoalankan katak tersebut dikonsumsi oleh warga setempat. Sebab, katak yang tergolong spesies Limnonectes gruniens tersebut bukanlah tipe katak yang langka ataupun terancam punah. Tetapi Amir menginginkan katak tipe tersebut tidak diperjualbelikan, sebab perkara jual-beli merupakan salah satu penyebab kepunahan beberapa macam tipe hewan.

Katak ‘raksasa’ dari Enrekang bukanlah merupakan tipe katak langka, namun apakah juga bukan merupakan katak yang berbahaya? Bukankah ada tipe katak yang beracun? Apa saja katak beracun yang mungkin ada di Indonesia?

Kepada kumparan, Amir berkata, “Di indonesia tidak ada (katak) yang beracun mematikan untuk manusia.” (Baca juga: Persebaran Tipe Katak di Indonesia)

Ia membahas katak yang beracun mematikan hanya yang ada di Amerika Selatan dari suku Dendrobatidae. Racun ada pada kelenjar racun di kulit sang katak yang didapatkan dari terbuktisa beberapa serangga tertentu.



Dikutip dari laman Aminal Diversity Web, katak dari suku ataupun famili Dendrobatidae biasa hidup di daerah tropis yang lembap. Mereka dapat ditemukan di Nikaragua sampai Brasil.

Katak dari suku Dendrobatidae mempunyai ukuran badan yang kecil, yakni hanya kurang lebih 1 sampai 2 sentimeter. Dendrobatidae juga mempunyai warna badan yang cerah jadi terlihat luar biasa.

Tetapi walau tubuhnya terlihat kecil & cantik, racun pada badan katak ini sanggup membuat pemangsanya, tergolong manusia, kehilangan nyawa. Di luar katak beracun di Amerika Selatan itu, Amir menyebutkan aman-aman saja untuk mengonsumsi daging katak, tergolong seluruh tipe katak di Indonesia.

Post a Comment for "Inilah Spesies Katak Beracun Paling Mematikan"