Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bahaya minum air putih bagi kesehatan

Bahaya minum air putih bagi kesehatan

https://mitosbro.blogspot.com/ seorang wanita dari California meninggal sesudah mengikuti kontes minum air yang disponsori suatu radio lokal di California (2007). Ia sukses minum & menghabiskan 2 galon air ataupun setara dengan 7,6 liter air pada kontes tersebut. Dari hasil autpilihan, Strange mengonsumsi air terlalu banyak & cepat jadi nutrisi lain di dalam badan menjadi terlarut. “


Benarkah minum air terlalu banyak berbahaya bagi tubuh?.


Air menjadi kebutuhan mutlak bagi tubuh, sebab badan kita sebagian besar tersusun oleh air. Rata-rata tiap orang mempunyai 60% air dari berat tubuhnya. Badan memerlukan air untuk menggantikan cairan badan yang berkekurangan saat kita beraktifitas.  Sebagian hilang saat kita beraktivitas dalam bentuk keringat, air seni, ataupun air mata.

Semua sistem di dalam badan juga tergantung oleh air. Air bakal membasuh racun dari organ-organ penting, mengangkat nutrisi ke sel tubuh, & menjaga kelembaban bagi jaringan. Air berguna untuk menolong kerja sel-sel organ, & jaringan dalam tubuh. Air bakal menetralisir racun dari tubuh. Saat kita meperbuat aktifitas berat & olahraga, maka metabolisme badan bakal meningkat sebab bekerja untuk menyuplai oksigen & zat energi ke semua tubuh. Otot kita bakal berkontraksi & pembuluh darah bakal melebar. Akibatnya ajaran darah bakal mengalir lebih cepat. Hasil metabolisme tersebut keluar dalam bentuk keringat. Akibatnya badan kita bisa kekekuranganan cairan.

Meski air diperlukan, tetapi hati-hati saat mengkonsumsi air, sebab bila kebanyakan bakal memberikan efek tidak bagus untuk tubuh. Di antaranya bakal merusak ginjal & bahkan akibat paling fatal contohnya kematian. Laporan Exercise Associated Hyponatraemia (EAH) mencatat ada kurang lebih 1600 permasalahan meninggal di semua dunia akibat minum air yang berlebihan.

Akibat Terlalu Banyak Minum Air Putih

minum air putihApa yang terjadi pada badan kita saat kita terlalu banyak minum?

1. Merusak Komposisi Darah.

Darah mempunyai plasma darah dengan kadar kekentalan darah dengan cara fisiologis dalam badan yang terukur. Bila banyak minum maka dikawatirkan bakal mengganggu kadar kekentalan darah. Dengan cara lebih luas bakal mengganggu sistem peredaran darah dalam badan kita.

2. Menambah jumlah volume darah.

Jika volume darah meningkat maka bakal mengganggu kinerja jantung & sistem pembuluh darah kita (sistem tertutup). Volume air yang meningkat bakal seiring dengan meningkatnya tekanan pada sistem pembuluh darah yang tertutup itu. Kondisi tersebut bakal membuat organ ginjal bekerja ekstra keras untuk mengurangi jumlah air dalam sirkulasi darah dalam tubuh.

3. Menambah kinerja ginjal dari yang seharuslahnya.

Tubuh mempunyai ginjal yang manfaatnya menyaring setiap cairan yang masuk kedalam tubuh. Fungsi ginjal sebagai organ penyaring ini ada pada glomerulus. Bila banyak cairan yang haruslah disaring, maka beban yang diterima ginjal bakal terus besar. Bila hal ini terlalu sering maka glomerulus bisa rusak yang menyebabkan beberapa penyakit ginjal.

4. Badan mengalami hiponatraemia.

Hiponatraemia ialah kondisi tidak normal dalam tubuh, di mana darah kekekuranganan kadar natrium (kadar garam). Ginjal tak sanggup memfilternya dengan cepat. Natrium ialah mineral elektrolit yang menolong mengatur jumlah kadar air di dalam & di kurang lebih sel-sel tubuh. Bila terlalu banyak minum air, bakal menyebabkan natrium dalam badan menjadi encer. Natrium ataupun sodium merupakan salah satu mineral penting bagi tubuh, sebagai penjaga kadar garam dalam darah.

Kekekuranganan natrium dalam badan bisa menyebabkan volume darah menurun jadi tekanan darah menurun, tetapi denyut jantung meningkat tajam. Dengan cara normal konsentrasi natrium dalam darah berkisar antara 135 – 145 milmol/liter. Tetapi dalam kondisi hiponatraemia konsentrasi natrium ini kekurangan dari 135 milmol/liter. Akibatnya kadar cairan dalam badan bakal meningkat, & sel-sel bisa mengalami pembengkakan.

Baca juga : Suhu badan normal manusia

5. Pembengkakan Sel

Pembengkakan sel ini sebab peningkatan kadar natrium dalam badan bisa memicu persoalan.Bila ini terjadi pada sel-sel otak maka bakal bisa menyebabkan gangguan kesehatan. Kekekuranganan natrium ataupun kondisi hiponatraemia minimal bisa menyebabkan mudah mengantuk. Tetapi jika terjadi dengan cara cepat, kekekuranganan natrium ini bisa berakibat pada intoksikasi air yang berakibat pada mual, sering urinasi (buang air kecil), disorientasi mental, pingsan, kejang-kejang, batang otak terganggu, sistem pernafasan terganggu, & bahkan bisa menyebabkan kematian. Intoksikasi (atau keracunan air) ialah akibat lanjut dari pembekakan pada sel otak ini yang merupakan  ketidakseimbangan elektrolit.

6. Permasalahan keracunan air (Intoksikasi air).

Dikenal juga dengan hiper-hidrasi ataupun overhydration, ialah gangguan potensial dalam fungsi otak yang terjadi saat keseimbangan elektrolit  terganggu sebab mengonsumsi air terlalu banyak. Permasalahan yang dialami Jennifer Strange di awal,  menyebabkan ia mengalami koma & kematian mendadak akibat pembengkakan otak.  Kondisi ini lumayan langka terjadi di masyarakat umum, namun risiko tinggi terjadi pada atlet lari jarak jauh ataupun pelari marathon. Para atlet sebagusnya mengkonsumsi minuman olahraga selama latihan ataupun perlombaan. Keracunan air ini juga bisa terjadi akibat bahaya air minum isi ulang yang tidak higienis.

Trik Mengkonsumsi Air Putih

Manusia dianjurkan mengonsumsi 8 (delapan) gelas air ataupun kurang lebih 2 liter air dalam sehari untuk memenuhi kebutuhan cairan tersebut. Banyak yang salah dalam menerjemahkannya, lalu minum dalam jumlah banyak sekaligus. Dari segi kesehatan hal ini tidak dianjurkan sebab bakal akan membuat volume darah meningkat, yang bakal memberatkan kerja jantung & ginjal. Jantung bakal memompa darah lebih cepat, & ginjal bakal dipaksa untuk segera menyaringnya lebih cepat.

Beberapa trik berikut ini bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan air per hari.

Minum air Secukupnya & Sewajarnya. Tidak terlalu banyak & tidak terlalu sedikit. Seimbangkan antara kebutuhan air dengan pengeluaran cairan badan saat beraktivitas, olahraga ringan, ataupun olahraga berat contohnya lari marathon.
Minum Tidak Bersamaan Waktunya. Saat dianjurkan mengkonsumsi air putih sebanyak 2 – 4 liter perhari, bukan mengkonsumsinya sekaligus pada waktu yang bersamaan. Jumlah tersebut tetap tergolong dengan jumlah air pada makanan ataupun minuman yang banyak mengandung air contohnya sup, kuah, air susu, air dalam buah, ataupun minuman murni.

Minum Dengan cara Bertahap. Minumlah air dengan cara bertahap, tidak sekaligus dalam satu waktu bersamaan. Umpama, 1 (satu) gelas saat pagi bagun tidur, 1 (satu) gelas saat sarapan pagi, 1 (satu) gelas makan saat siang, 1 (satu) gelas saat makan malam, 1 (satu) gelas saat menjelang tidur.
Orang Sakit Tidak sama. Anjuran mengkonsumsi 2 – 4 liter air perhari hanya berlaku untuk orang sehat. Mereka yang mempunyai gangguan kesehatan contohnya penderita ginjal pastinya haruslah membatasi jumlah konsumsi air putih supaya tidak terlalu banyak.
Jangan Menantikan Haus. Saat meperbuat olah raga, tidak haruslah menantikan hingga haus baru minum. Jadi meskipun belum merasa haus & lapar, tetaplah makan & minum. Bila tidak diindahkan bakal sangat berbahaya.
Minuman Saat Olahraga. Pada saat tidak berolahraga, seseorang pun butuh lumayan minum. Sebagusnya pada kondisi ini yang diminum air putih saja. Minuman tersebut tidak panas & juga tidak dingin.
Jangan Minum Berlebihan Habis Olahraga. Saat habis olahraga, hormon antidiuretik vasopressin bakal meningkat. Badan bakal cenderung menahan air dalam badan supaya sedikit keluar. Saat kita minum air dalam jumlah banyak, tidak bakal banyak urinasi. Bila mengkonsumsi air terlalu banyak akibatnya bakal fatal sebab terjadi.
Obat Herbal. Orang yang meminum obat herbal disarankan banyak minum air. Obat herbal banyak mengandung makromolekul yang bisa mengganggu fungsi filtrasi di ginjal.
Banyak di antara kita yang minum  air putih berlebih sebab ingin mengambil kemanfaatan sebanyak-banyaknya. Logikanya bermain, makin banyak air maka air bakal menggelontor semua residu dalam ginjal.  Padahal kebutuhan air per orang sangat tidak sama tergantung kondisi tertentu contohnya aktivitas fisik, cuaca, diet, berat badan, tipe kelamin & kondisi kesehatan. Makin lanjut usia, kondisi ginjal kita makin beda. Minumlah sesuai kebutuhan & kondisi kita masing-masing.

Joseph Verbalis dari Georgetown University Medical Centre & International Marathon Medical Directors Assocition (IMMDA) menyarankan minumlah untuk mengobati rasa dahaga Anda. “Drink to your thirst. It’s the best indicator”. Haus & dahaga ialah indikator yang cocok bahwa kita butuh minum. Minumlah air saat Kita haus & dahaga, & minumlah air secukupnya sebab akibat Bahaya minum air putih juga bisa berakibat kurang baik bagi kesehatan.

Post a Comment for "Bahaya minum air putih bagi kesehatan"