Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

15 Fakta Lucu Tentang Pengguna Tangan Kidal

https://mitosbro.blogspot.com/ Sepuluh persen dari total penduduk dunia ialah orang kidal. Sebagai kaum minoritas dalam dunia mainstream, mereka haruslah hidup menyesuaikan diri dengan kebanyakan gadget, alat tulis kantor, perlengkapan memasak, & beberapa benda lainnya yang dibangun untuk memenuhi keperluan orang-orang yang bertangan kanan.
15 Fakta Lucu Tentang Pengguna Tangan Kidal

Otak & badan orang kidal beroperasi dengan cara tidak sama daripada orang tangan kanan (dan pada orang ambidextrous, yang kedua tangannya merupakan tangan dominan untuk tugas yang tidak sama). “Kidal ataupun tidak, terlihatnya ditentukan dalam tahap sangat awal dalam perkembangan janin, saat banyak hal-hal lain mengenai masa depan Kita sedang ditentukan juga,” kata Ronald Yeo, PhD., profesor psikologi di University of Texas, Amerika Serikat.

Fakta orang kidal

Berikut ialah 15 fakta orang tangan kidal yang aneh namun hebat yang belum banyak diketahui mengenai orang-orang kidal:

1. Orang-orang kidal yang populer sepanjang sejarah tergolong Napoleon Bonaparte, Bill Gates, Oprah Winfrey, Obama, & Jimi Hendrix.

2. Hari Orang Kidal Sedunia dirayakan setiap 13 Agustus sejak tahun 1996.

3. Mengikuti dominasi tangan, orang kidal cenderung biasa mengunyah makanan di sebelah kiri, sedangkan orang-orang bertangan kanan bakal mengunyah di sebelah kanan.

4. Orang-orang kidal umurnya lebih singkat tiga tahun daripada yang bertangan kanan. Lebih dari 2.500 orang kidal terbunuh setiap tahun dampak memakai peralatan sehari-hari yang dimaksudkan untuk orang yang dominan tangan kanan. Waduh!

5. Banyak penelitian menunjukkan bahwa bayi prematur lebih mungkin lahir kidal.

6. Faktor genetik hanya menempati sebanyak 25% permasalahan dari total kesempatan orang lahir kidal.

7. Orang kidal lebih rentan kepada stress pascatrauma (PTSD) daripada mereka yang bertangan kanan, menurut suatu studi.

8. Otak orang kidal bekerja lebih cepat saat berolahraga ataupun bermain permainan komputer.

9. Menurut legenda, Lucifer & penyihir mempunyai tangan dominan kiri. Mungkin ini karenanya banyak ritual keagamaan yang mengharuslahkan memakai tangan kanan, tergolong pelabelan tangan kanan sebagai “tangan bagus”.

10. Di masa lalu, kidal sering dikaitkan dengan penyimpangan perilaku, gejala neurosis, pemberontakan, & aktivitas kriminal. Bahkan, kata “left” (kiri/tangan kiri) dalam bahasa inggris berakar dari “lyft” dalam bahasa Anglo-Saxon, yang artinya rusak ataupun lemah.

11. 40 persen orang yang mengidap skizofrenia ialah orang-orang kidal, mesikipun orang kidal hanya menempati 10% dari total populasi. Banyak pula tokoh kriminal populer yang bertangan kiri, seperti Osama bin Laden, The Boston Strangler, & Ted Bundy.

12. Untungnya, orang kidal saat ini memang jauh lebih cerdas daripada yang bertangan kanan! Orang-orang yang mempunyai IQ lebih dari 140 lebih banyak yang bertangan kiri, menurut suatu studi dari St. Lawrence University. Buktinya, Da Vinci, Michelangelo, Einstein, & Newton ialah orang-orang kidal.

13. Orang kidal lebih mudah merasa malu. Suatu uji perilaku yang diperbuat di Skotlandia menunjukkan keterkaitan antara kekidalan dengan rasa malu. Menurut studi ini, banyak partisipan bertangan kiri yang mengabarkan bahwa mereka lebih mudah merasa cemas dalam membuat kesalahan, & lebih sensitif kepada kritik. Dengan cara keseluruhan, penelitian menunjukkan orang-orang kidal ialah orang yang ragu-ragu.

14. Orang kidal lebih cepat marah. Kebanyakan orang kidal menunjukkan proses emosional yang tidak sebanding antara otak kanan & kiri mereka, salah satu dampaknya ialah sering bad mood.

15. Orang kidal minum alkohol lebih sering daripada mereka yang bertangan kanan, menurut hasil penelitian dari 12 negara yang melibatkan 25.00 partisipan. Namun bukan berarti mereka rentan kepada penyalahgunaan alkohol, lho!

Post a Comment for "15 Fakta Lucu Tentang Pengguna Tangan Kidal"