Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Misteri Piramida Mesir Lengkap

10 Misteri Piramida Mesir Lengkap

https://mitosbro.blogspot.com/ Kebanyakan orang hanya hanya tahu Pyramid -piramida dalam bahasa Indonesia- adalah bangunan super megah yang dibangun bangsa Mesir Kuno untuk makam dari raja Firaun, tapi siapa sangka Piramida Mesir menyimpan banyak fakta dan misteri, dibawah ini adalah 10 misteri Piramida Mesir yang harus kamu tahu......

Misteri piramida mesir kuno


1. Tiga piramida di Giza Necropolis adalah piramida Mesir yang paling terkenal , tetapi pada kenyataannya total sekitar 140 piramida telah ditemukan di wilayah Mesir Kuno .

2. Piramida tertua di Mesir adalah Djoser yang dibangun di daerah Saqara Nacropolis, diperkirakan dibangun abad 27 sebelum masehi yang dirancang oleh Imhotep, seorang ahli matematika, insinyur dan dokter.

3. Piramida terbesar
Dan piramida terbesar adalah piramid Khufu (disebut juga piramida Giza atau Cheops), dengan tinggi 146,5 meter, lebar 138,8 meter, diperkirakan mempunyai 2.300.000 balok batu dengan berat rata-rata 50 ton. Piramida ini memegang rekor bangunan tertinggi yang pernah dibangun manusia hingga tahun 1311 karena Inggris membangun Lincoln Chaderal. Ingin tahu berapa lama rekor ini disandang piramida Giza? 3871 tahun!!! Hingga hari ini Piramida Agung Giza adalah situs tertua dari Tujuh Keajaiban Dunia Kuno dan yang terakhir masih ada. Piramida ini sebenarnya berbentuk  persegi delapan tidak persegi empat seperti piramida lainnya, tapi hal itu hanya bisa dilihat dari ketinggian.

4. Tehnik bangunan, material dan struktur.
Para ahli memperkirakan dibutuhkan sekitar 100.000 pekerja untuk menyelesaikan piramida dalam kurun waktu 200 tahun untuk menata sekitar 2 juta balok batu, menutup area se luas 15 hectar tersebut. Peneliti juga menemukan teori bahwa orang Mesir kuno menggunakan air untuk mengurangi gesekan saat memindah objek yang sangat berat, walaupun banyak dari mereka setuju dengan teori yang mengatakan orang Mesir Kuno membangunnya dari batu-batu besar diukir dengan pahat tembaga dari tambang batu, tetapi metode yang digunakan untuk mengangkat dan menempatkan batu-batu itu tetap menjadi perdebatan panjang penuh spekulasi. Piramida pada awalnya ditutupi dengan batu yang terbuat dari batu kapur putih yang sangat halus . Batu-batu ini memantulkan cahaya matahari dan membuat piramida bersinar seperti permata dan rahasia keawetan material yang digunakan untuk membangun Piramida juga masih menjadi misteri, para ahli masih menyelidikinya walaupun sebagian mengungkapkan material itu di buat dari tehnik membakar tanah liat.

Dilihat dari strukturnya para ahli juga menarik kesimpulan bahwa teknik yang digunakan untuk pembangunan piramida telah dikembangkan dari waktu ke waktu, piramida terakhir tidak dibangun dengan cara yang sama seperti sebelumnya.

Semua piramida Mesir dibangun di tepi barat Sungai Nil , yang sebagai situs matahari terbenam dan dikaitkan dengan dunia orang mati dalam mitologi Mesir dan Tiga piramida Giza yang tepat sesuai dengan Constellation Orion , yang bisa saja maksud dari pembangun karena bintang-bintang Orion dikaitkan dengan Osiris, dewa kelahiran kembali dan akhirat oleh bangsa Mesir Kuno. Hebatnya lagi piramida juga mengarah tepat ke arah barat, menunjukkan bahwa peradaban tersebut sudah memiliki ilmu astronomy yang tinggi.

5. Terlepas dari panas yang sangat besar di luar , suhu di dalam piramida sebenarnya tetap relatif konstan , sekitar 20 Celcius ( 60 F ) .

6. Banyak ruang didalam Piramida yang belum dapat di jelajahi oleh manusia modern
Film akan membuat kamu percaya bahwa piramida kuno terdapat wilayah yang tidak terjangkau karena jebakan tersembunyi, pintu rahasia atau kutukan kuno, tetapi kenyataannya adalah bahwa banyak dari daerah-daerah tersebut telah diisi dengan pasir dan disegel setelah konstruksi selesai karena akses tersebut hanya digunakan untuk pekerja untuk mengakses daerah lain atau sebagai sumber oksigen . Daerah lain tidak dapat dieksplorasi karena struktur yang terlalu tua dan sejarawan takut menghancurkan artefak berharga. Sebagai contoh, dibutuhkan waktu sekitar 18 tahun untuk mengeksplorasi poros dalam ruang Ratu (Queens chamber) di Piramida Giza .

7. The Great Sphinx yang menjaga Piramida Agung Giza adalah patung monolit terbesar di dunia. Secara umum wajah Spinx dipercaya sebagai penggambaran wajah Firaun.

 8. Makam para pekerja disekitar Piramida
Para pekerja yang mati ketika pembangunan piramida berlangsung dimakamkan di sekitar piramida tersebut, sejauh ini ditemukan kurang lebih 600 makam pekerja. Pertama kali di temukan oleh turis pada tahun 1990, dan terus di teliti. Arkeolog Zahi Hawass percaya hal ini memungkinkan bahwa pekerja yang membangun Piramida adalah buruh bayaran bukan budak seperti diangkat di film-film.

9. Meskipun banyak orang mengasosiasikan piramida dengan hieroglif , tidak ada tulisan atau hieroglif ditemukan di dalam Piramida Agung Giza .

10. Bangsawan Mesir Kuno dimakamkan dalam piramida dengan benda sehari-hari, juga dengan barang-barang berharga seperti perhiasan. Mereka percaya orang mati akan menggunakannya di akhirat.
Wahhh mengagumkan ya 10 Rahasia Piramida Mesir diatas? Sekarang kamu tahu khan Piramida mempunyai fakta dan keunikan yang masih menjadi tanda tanya besar, semoga artikel diatas menambah wawasan kita. Jangan lupa di share ya?

Post a Comment for "10 Misteri Piramida Mesir Lengkap"