Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Dampak Menggunakan Robots.txt Disallow M=1 & M=0

Dampak Menggunakan Robots.txt Disallow M=1 & M=0. Hy Sobat blogger, kali ini mas Gintoki akan sharing artikel dampak custom Robot.txt yang berkaitan dengan sebelumnya tentang Cara Setting Robot.txt yang Benar dan Seo. Setelan robots.txt merupakan sebuah panel setting berisi pedoman untuk pengaturan robot crawler dalam pengindexan atau crawler sebuah situs tertentu, jadi intinya setting robots.txt ini adalah sebuah perintah untuk bot crawler, apakah harus mengindex halaman tersebut atau tidak? atau apakah harus menjelejahi halaman tersebut atau tidak?sesuai dengan setelan/custom yang telah kita terapkan.

Robots.txt juga sangatlah penting penggunaannya untuk sebuah blog sesuai dengan seting dan fungsi-fungsi yang kita butuhkan, lebih jelasnya untuk pengaturan robots.txt beserta fungsi dari setiap kode yang di terapkan anda bisa baca di sini : Cara Setting Custom Robots.txt Beserta fungsinya.
Dampak Menggunakan Robots.txt Disallow M=1 & M=0
Penerapan setelean Robots.txt Disallow M=1 & M=0 ini juga banyak di share pada artikel blog dengan kueri cara setting robots.txt, disana banyak sekali tutorial yang menyuruh pembaca untuk menggunakan robots.txt yang juga ada perintah Disallow M=1 & M=0 tanpa menyertakan detail bagaimana baris tersebut bekerja atau fungsi tersebut bekerja dan hanya dengan embel-embel SEO, padahal mereka sendiri tidak mengetahui sebenarnya M=1 & M=0 tersebut ada dampak negatifnya.

Maka pada kesempatan kali ini saya akan sedikit membahas tentang penggunaan fungsi dalam menerapkan disallow m=1 dan m0 atau "Disallow: /*?m=1 Disallow: /*?m=0", pada dasarnya, robots.txt tersebut adalah sebuah perintah atau fungsinya untuk menghentikan robot merayapi halaman redirect ke mobile phone atau tampilan handphone dan setelan tersebut biasanya di terapkan untuk mengatasi duplicate halaman yang terjadi pada blog, penerapan robots.txt tersebut memang sangat ampuh untuk mengatasi duplicate halaman m=1 dan m=0 pada blog yang di tujukan di webmaster namun disisi lain ada dampak negatifyang tidak baik untuk sebuah blog kita.

Apa Dampak Menggunakan Setelean Robots.txt Disallow M=1 & M=0

Mungkin dari segi postif nya penerapan robots.txt tersebut bisa mengatasi duplicate halaman pada blog kita, namun sesudah saya pelajari, ternyata di sisilain tentang penereapan robots.txt tersebut adalah mempunyai dampak yang kurang menguntungkan juga pada blog kita, apa saja dampaknya :

Pertama yaitu blog kita tidak mobile friendly di pencarian Google karena secara langsung robots.txt tersebut mencekal halaman pada tampilan mobile phone. hal itu setelah saya melakukan pengecekan pada sebuah situs yang menggunakan robots.txt di Disallow: /*?m=1 Disallow: /*?m=0 di penguji situs mobile friendly, dan hasilnya robots.txt mencekalnya, seperti yang di tampilkan gambar di bawah ini.
Dampak Menggunakan Robots.txt Disallow M=1 & M=0
Kedua yaitu hilangnya meta deskripsi artikel di pencarian atau pada browser mobile phone karena bot juga mencekalnya. seperti yang di tujukan gambar dibawah ini pada blog pertama, saat mas Gintoki sedang melihat di halaman pencarian dan disana tertulis bahwa "Deskripsi untuk hasil ini tidak tersedia karena robots.txt situs ini"
Dampak Menggunakan Robots.txt Disallow M=1 & M=0
Meta deskripsi ini sangat penting sekali karena google akan menggunakannya sebagai cuplikan untuk halaman atau postingan blog anda di page search google. Dan kata pada cuplikan tersebut akan ditebalkan saat muncul dalam kueri pencarian. Hal ini memberikan petunjuk pada pencarian di google search, dan membuktikan bahwa situs kita adalah situs relevan termasuk dengan deskripsi yang berkaitan, maka kemungkinan besar jika pada blog tersebut deskripsinya hilang, maka akan sangat buruk di mata google.

Ketiga yaitu bisa menurunkan peringkat artikel dari halaman pageone di serp google, karena berhubung algoritma 2105 ini google telah meluncurkan algoritma terbarunya yaitu mobilegeddon, yang mengharuskan sebuah situs untuk di optimalkan dalam tampilan mobile atau supaya mobile friendly.

Kesimpulan : Jika sobat ingin menggunakan setelan robots.txt maka ada baiknya sobat juga mempelajari tentang fungsi-fungsi dari setiap baris yang di terapkan, karena dampaknya mungkin bisa kurang menguntungkan pada blog sobat sendiri, namun jika sobat punya saran lain atau ide lain,sobat bisa memberikan ide di form komentar di bawah :D
Saran: Jika sobat masih bingung bagaimana menerapkan Robot.txt dengan benar, sebaiknya sobat biarkan saja Robot.txt tersebut dalam kondisi Default (Jawaban Mastah Mas Sugeng)

1 comment for "Dampak Menggunakan Robots.txt Disallow M=1 & M=0"